Kategori
Tanya-Jawab

Mengucap Bismillah di Kamar Mandi

Assalamualaikum. Ustadz afwan ana mau tanya apa hukumnya mengucapkan bismillah di dalam kamar mandi/wc saat akan wudhu atau mandi wajib. Tolong dijawab karena tempat bertanya kami sangat sedikit. Syukran. 085 2420xxxxx.

Jawab :
Sesungguhnya membaca basmalah ketika hendak berwudhu adalah diperselisihkan oleh para ulama. Ada yang mengatakan sunnah dan ada yang mengatakan wajib.
Apabila diyakini hukumnya sunnah, maka tidak membaca basmalah tidak mengapa, baik di dalam kamar mandi atau di luarnya, tapi apabila diyakini hukumnya wajib, maka bagi seorang yang hendak berwudhu harus membacanya. Akan tetapi apabila dia berada di kamar mandi maka cukup membacanya dalam hati sebagaimana yang pernah ditanyakan kepada syaikh Ibnu Utsaimin v, wahai syaikh, ketika saya akan berwudhu, saya tidak membaca bismillah karena saya berada di kamar mandi, padahal saya tahu ada hadits :

لاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللهِ عَلَيْهِ

“Tidak sah wudhu bagi orang yang tidak membaca nama Allah”
Maka bagaimana hukumnya ?
Beliau menjawab : Bacaan bismillah bagi orang yang berada di kamar mandi adalah di dalam hatinya dan tidak mengucapkannya dengan lisannya. Demikianlah caranya, menurut sebagian pendapat yang rajih (menurut beliau) bahwa bacaan bismillah adalah sunnah dan tidak wajib. Maka jangan cemas. Wallahu a’lam. (lihat Fatawa Islamiyah : 1/2, 8, penyusun Muhammad bin Abdul Aziz al-Misnid).

(Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyyah Ed 38)

Tinggalkan Balasan