Hari Terbaik Untuk Berbekam

Hari Terbaik Untuk Berbekam

Assalamua’alaikum, afwan ustadz ana mau tanya, apa ada hari tertentu yang baik untuk berbekam? Jazakallahu khair. [Siti, Sukoharjo, 081548317XXX]

Wa’alaikumussalam, seputar hal tersebut Nabi -shollallahu alaihi wa sallam- telah menjelaskan dalam sabda beliau:

اَلْحِجَامَةُ عَلَى الرِّيْقِ أَمْثَلُ، وَهِيَ تَزِيْدُ فِي الْعَقْلِ، وَتَزِيْدُ فِي الْحِفْظِ، وَتَزِيْدُ الْحَافِظَ حِفْظًا، فَمَنْ كَانَ مُحْتَجِمًا فَيَوْمَ الْخَمِيْسِ عَلَى اسْمِ اللَّهِ، وَاجْتَنِبُوْا الْحِجَامَةَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ السَّبْتِ وَيَوْمَ الأَحَدِ، وَاحْتَجِمُوْا يَوْمَ الإِثْنَيْنِ وَالثُّلاَثَاءِ، وَاجْتَنِبُوْا الْحِجَامَةَ يَوْمَ الأَرْبِعَاءِ، فَإِنَّهُ الْيَوْمُ الَّذِي أُصِيْبَ فِيهِ أَيُّوْبُ بِالْبَلاَءِ، وَمَا يَبْدُوْ جُذَامٌ وَلاَ بَرَصٌ إِلاَّ فِي يَوْمِ الأَرْبِعَاءِ أَوْ لَيْلَةِ الأَرْبِعَاءِ

Berbekam bagi orang yang belum makan akan lebih bermanfaat, dan bekam dapat menambah kecerdasan, membantu untuk hafalan dan dapat menambah kuatnya halafan orang yang memiliki hafalan. Maka barang siapa yang akan berbekam hendaklah pada hari kamis dengan menyebut nama Allah. Jauhilah berbekam pada hari jum’at, sabtu dan ahad. Berbekamlah pada hari senin dan selasa. Jauhilah juga berbekam pada hari rabu, karena pada hari itu Nabi Ayyub alaihissalam mendapat cobaan. Dan tidaklah penyakit lepra dan kusta itu muncul melainkan pada hari atau malam rabu. (Lihat Shahih Sunan Ibn Majah karya Syaikh al-Albani, jilid 2, hlm. 261)

Beliau -shollallahu alaihi wa sallam- juga bersabda:

إِنَّ خَيْرَ مَا تَحْتَجِمُوْنَ فِيْهِ يَوْمُ سَبْعَ عَشْرَةَ وَيَوْمُ تِسْعَ عَشْرَةَ وَيَوْمُ إِحْدَى وَعِشْرُوْنَ

Sesungguhnya sebaik-baik hari kalian berbekam adalah pada hari ke tujuh belas, ke sembilan belas dan ke dua puluh satu. (Lihat Shahih Sunan at-Tirmidzi karya Syaikh al-Albani, jilid 2, hlm. 204)

Dari dua hadits mulia di atas dapat kita simpulkan:
1. Perintah berbekam pada hari senin, selasa dan kamis.
2. Hari/tanggal terbaik untuk berbekam adalah pada hari ke 17, 19 dan 21 dengan perhitungan kalender hijriyah.
3. Larangan berbekam pada hari atau malam rabu, hari jum’at, sabtu dan ahad.

Untuk mendapatkan pengetahuan lebih tentang berbekam, kami sarankan untuk merujuk kitab Manhaj as-Salamah fi ma Waroda fi al-Hijamah, karya Syaikh Dr. Muhammad Musa Alu Nashr, salah satu murid Syaikh al-Albani dari Yordania. Dan alhamdulillah buku tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh salah satu penerbit di Jakarta. Wa billahi at-taufiq.

Majalah Adz-Dzakhiirah Al-Islamiyyah Ed 52, hal. 5

Tinggalkan Balasan